Sejuknya Minggu Pagi di Sungai Seribu Batu

Beberapa minggu yang lalu pernah ditulis di situs ini mengenai salah satu potensi wisata alam di Kampung Giriloyo. Kampung batik yang masih memendam banyak potensi budaya dan keindahan alam yang eksotis. Salah satu yang kini mulai terangkat namanya setelah media-media lokal banyak yang mengekspose adalah Sungai Seribu Batu, atau jaman dulu masyarakat sekitar menyebut Tulumbhung (watu telu disambhung-sambhung) yang berarti tiga batu yang disambung-sambung, merujuk pada satu batu yang nampak seperti disusun tiga di atas puncak bukit diantara ribuan batu-batu yang mengikuti aliran sungai.

Kini hampir setiap hari libur dan hari Minggu banyak sekali pengunjung yang datang. Biasanya di pagi-pagi hari sambil bersepeda pagi kemudian menyusuri jalan setapak dengan berjalan kaki sekitar 15 menit untuk sampai ke air terjun di Sungai Seribu Batu. Sepeda dan kendaraan lain dapat dititipkan di lokasi yang disediakan pemuda setempat. Jangan lupa membawa uang untuk parkir dan retribusi 1000 rupiah saja, untuk membantu pemuda mengembangkan kawasan wisata tersebut.

Setelah sampai di atas hawa sejuk dan sumilir akan kita rasakan. Rasa sedikit capek akan tergantikan dengan kelegaan dan rasa nyaman. Kita pun kembali refresh, rasanya seperti kita menjadi orang paling sehat di seluruh dunia, sambil mencari posisi duduk paling enak di atas sebuah batu di antara pepohonan , melihat air terjun dan aliran sungai atau melihat pemandangan pegunungan dan perkampungan dari atas.

Nah, demikian sedikit gambaran yang dapat kami tulis. Selanjutnya anda dapat mengeksplorasi sendiri keindahan lainnya bersama rekan-rekan atau keluarga terdekat.

Tapi sebelum kesana kami memberikan sedikit tips, pakailah pakaian yang tidak ribet dan mendukung untuk kegiatan jelajah atau sport seperti t-shirt dan sandal gunung. Atau persiapkan dari rumah seandainya anda berasal dari luar kota yang sedang melaksanakan paket wisata dan studi batik.

Tunggu apalagi besok liburan ini rencanakan berkunjung ke Giriloyo yang asyik…

Jalan Setapak

Air Terjun

Air terjun di Giriloyo

Kedung-Giriloyo

Contact Information: Said Romli Tlp. 0274-6647225 Mobile 08572 5950033

©Batik Giriloyo

2 Comments

  1. waduh sekarang udah bayar tho masuk sini…
    dulu ksana masih gratis e
    🙂
    moga cepet berkembang deh wisata alam giriloyo…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *